Selasa, 21 Februari 2012

Menangis Itu Sehat

Setiap kita pasti pernah merasa lega dan plong usai menangis. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa kita tidak boleh menahan tangis.

Tak hanya itu, beberapa studi mengenai tetesan air mata juga mengklaim bahwa bukan hanya tertawa saja yang menyehatkan, namun menangis juga.

Studi tahun 2006 lalu misalnya, saat itu sebanyak 60 pasien penderita
eksema dan yang alergi terhadap lateks diminta menonton tayangan mengharukan Meryl Streep, Kramer vs Kramer. Sebelum dan sesudah film, para ahli menempelkan lateks ke kulit para pasien untuk mengetahui reaksi.

Dibanding mereka yang matanya tetap kering, para relawan yang menangis memiliki reaksi alergi yang lebih kecil terhadap lateks. Kulit mereka didapati mengalami radang dalam skala kecil saja.

Lain lagi dengan sebuah studi dari Jepang yang mengaitkan air mata dengan radang sendi, mendapati bahwa mereka yang mudah menangis tidak mengalami kesakitan sendi sebesar yang kelihatan tegar/ jarang menangis.

Berbagai research lain mendapati bahwa selain bisa meningkatkan sistem imun tubuh, menangis juga bisa membantu pelepasan hormon stres, kortisol.

Memang wanita menangis lebih banyak daripada pria. Benar pula bahwa kebanyakan wanita menangis untuk hal menyedihkan, sementara pria meneteskan air mata saat mereka bahagia. Namun, di balik semua perbedaan ini, kita semua tahu bahwa menangis itu sehat. :)

http://hajarabis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar